Tutorial Root Nokia X

Tutorial Root Ponsel Nokia X
Secara teori ya, karena dibekali dengan sistem operasi dasar Android Open Source Project, sudah pasti Nokia X dapat di Root. Sama aja kayak ponsel-ponsel Android lainnya. Postingan kali ini, sesuai dengan kata-kata pembukanya lah pasti, hehehe, saya akan share cara ngeroot Nokia X.
Buat kalian yang masih bingung apa sih pengertian Root tersebut, oke deh, disini - karena kebetulan lg ada waktu dan gak ada kerjaan lain yang bisa saya kerjakan - saya infoin sedikit pengertian root tersebut.
Menurut Wikipedia, Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, 'root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.
Fungsi root sendiri adalah untuk memberi hak penuh kepada user supaya bisa mengakses ke sistem. Dengan root, kamu dapat menambah, menghapus, juga memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem, yang tidak dapat dilakukan sebelumnya tanpa root terlebih dahulu (sumber).
Yang Perlu Diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk meroot ponsel androidmu adalah adanya beberapa resiko yang harus kamu hadapi. Resikonya adalah sebagai berikut:
Ngeroot bisa merusak atau menghilangkan garansi ponsel androidmu, dan juga beresiko mengganggu kinerja sistem ponsel android kesayanganmuGunakan root dengan baik dan bijak. Sebisa mungkin jangan install aplikasi bajakanDengan root dan memodifikasi file sistem, dapat menyebabkan gagal update software. Unroot terlebih dahulu sebelum update softwareDWYOR (Do With Your Own Risk)!
Ingat ya resiko di atas, hehehe. Selanjutnya, point-point di bawah ini adalah bahan (alat maupun software) yang harus kamu persiapan
Yang diperlukan untuk Root Nokia X:
PC / laptop WindowsKingoroot dan driver USB Nokia X yang bisa kamu download di sini, lalu ekstrak dan simpanKabel data originalNokia X dengan kondisi baterai minimal terisi 80%. Jangan lupa untuk mengaktifkan mode USB debugging (via Settings - Developer options)Ikuti step by step yang saya share dengan rinci, jangan sampai ada yang terlewat.
Tutorial Root Nokia X
Install di komputer software Kingroot yang sudah kamu download. Jangan dijalankan terlebih dahulu setelah install.Setelah selesai, sambungkan Nokia X ke PC via kabel data (Mode MTP).Buka Device Manager (bisa lewat Start - search "Device Manager")Klik "other devices", cari Nokia X - klik "Update driver software"  Root Nokia XPilih "browser my computer for driver software" - lalu arahkan lokasi browse ke folder "NokiaX USB Drivers" yang ada di dalam folder "Root_NokiaX_v11.1.1_KashaMalaga_25_03_2014" yang sudah di-ekstrak sebelumnya, lalu klik Next, tunggu hingga proses selesai. Ngeroot Nokia XJalankan software KingoRoot. Masuk ke folder "KingRoot_NokiaX_Mod" - klik "SuperRoot.exe"Hubungkan Nokia X menggunakan kabel USB, tunggu hingga KingoRoot menyambungkan ke Nokia X (bisa sampai 2 menit). Jika belum bisa, lepas, dan tancapkan kembali Nokia X.Setelah tersambung, klik "Root", dan proses root akan berjalan. Tunggu hingga Nokia X reboot ulang.Setelah nyala, buka kunci Nokia X, perhatikan apabila terdapat request dari SuperSU. Tampilan SuperSu Root Nokia XKlik "Grant", dan selesai. Nokia X sudah root dengan sempurna. Setelah root, kamu dapat menginstall layanan Google jika diperlukan.
Unroot Nokia X
Setelah kamu paham cara ngerootnya, harusnya kamu paham juga loh cara unrootnya, hehehe. Oke, biar ngga kentang, saya lanjutkan tutorialnya ke Cara Unroot Nokia X.
Btw, proses Unroot ini dibutuhkan sebelum update software Nokia X, agar tidak menggangu / merusak proses update, yang dapat menyebabkan hilangnya SuperSU dan tidak dapat root ulang (jika lupa unroot sebelum update software). Caranya cukup mudah:
Hubungkan Nokia X ke PC. Buka aplikasi KingoRoot.Tunggu hingga tersambung, klik tombol "Remove Root".Tunggu proses hingga selesai, dan Nokia Xmu akan kembali tanpa root.Selesai, cukup mudah bukan? Semoga tutorial ini bermanfaat buat saya dan kalian
Previous
Next Post »
Thanks for your comment